Kurikulum SMP Negeri 1 Mungkid

Kurikulum SMP Negeri 1 Mungkid Tahun Pelajaran 2024/2025 disusun dengan mengacu pada Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 026/H/KR/2024 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 1 Mungkid pada Tahun Ajaran 2024 akan melaksanakan Kurikulum Merdeka di seluruh tingkat rombongan belajar dalam rangka mewujudkan kurikulum yang mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global, serta keragaman sosial dan budaya. Kurikulum Merdeka yang capaian pembelajarannya dijabarkan pada Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 32/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka dengan memperhatikan 6 (enam) kemampuan fondasi sebagai berikut:

  1. mengenal nilai agama dan budi pekerti;
  2. keterampilan sosial dan bahasa;
  3. kematangan emosi;
  4. pemaknaan terhadap belajar yang positif;
  5. keterampilan motorik dan perawatan diri; dan
  6. kematangan kognitif.

KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN

Peserta didik SMP Negeri 1 Mungkid Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 750. Untuk memfasilitasi kebutuhan pembelajaran berdiferensiasi, dipetakan kesiapan peserta didik berdasarkan kesiapan belajar dari capaian pembelajaran tahun sebelumnya bagi kelas 8 dan 9 sebagai berikut:

aa.png

 Guru dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 1 Mungkid TP.2024/2025 berdasarkan pendidikan terakhir, tahun kelahiran, status kepegawaian:

as.png

Tabulasi data Orang Tua/Wali Peserta didik SMP Negeri 1 Mungkid Tahun Pelajaran 2024/2025 berdasarkan jenjang pendidikan terakhir, penghasilan dan pekerjaan sebagai berikut:

sda.png

Pendidikan SMP Negeri 1 Mungkid diorientasikan kepada pembangunan karakter religius berupa peningkatan iman dan takwa. Semua warga sekolah didorong dan difasilitasi menjadi manusia pembelajar yang tidak hanya belajar di sekolah saat jam sekolah. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan sepanjang hayat untuk mengembangkan semua potensi dirinya agar tumbuh menjadi manusia berprestasi yang mandiri dan bertanggung jawab atas kesejahteraan diri dan sesama. Pendidikan di SMP Negeri 1 Mungkid harus berbasis pada kearifan dan budaya lokal yang dikembangkan sehingga mampu berperan dan memberi warna pada pembentukan akhlak mulia dan budi pekerti luhur serta mencintai alam lingkungannya sesuai Visi Misinya.

 

INTRAKURIKULER

Muatan Kurikulum SMP Negeri 1 Mungkid TA 2024/2025 mengacu pada dan Perka BSKAP NOMOR 032 H KR 2024 tentang Capaian Pembelajaran Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), jenjang pendidikan dasar dan menengah. Muatan dan struktur kurikulum SMP Negeri 1 Mungkid tahun Ajaran 2024/2025 tercantum pada tabel berikut:
sdf.png

 Pengaturan beban belajar dan alokasi waktu pembelajaran di SMP Negeri 1 Mungkid tahun pelajaran 2024/ 2025 sebagai berikut:

fhg.png

Selengkapnya tata waktu kegiatan pembelajaran di MGMP terpetakan dalam kalender akademik semester ganjil dan semester genap.

Berdasarkan karakteristik satuan pendidikan KKTP SMP Negeri 1 Mungkid pada TP. 2024/2025 ditentukan dengan pendekatan skala atau interval nilai dengan deskripsi sebagai berikut:

  • 0-69 : Perlu bimbingan
  • 70-79 : Cukup
  • 80-89 : Baik
  • 90-100 : Sangat Baik

Peserta didik dinyatakan mencapai tujuan pembelajaran jika hasil asesmen berada pada range nilai 70-85.

Refleksi pembelajaran dilakukan pada 2 tingkatan yang berbeda. Tingkatan pertama adalah dalam pembelajaran di kelas. Guru mengadakan refleksi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif yang dikelola secara klasikal oleh Guru mata pelajaran terkait. Sedangkan tingkat kedua adalah pada dengan kegiatan rutin yang setidaknya dilaksanakan 2 kali dalam 1 semester, sekolah mengirimkan survey umpan balik peserta didik untuk melakukan evaluasi pembelajaran di kelas. Hasil evaluasi tersebut direfleksikan untuk menjadi perbaikan dalam proses pembelajaran dan juga perbaikan dalam peningkatan kualitas program sekolah.